Jawara Dalam Ajang UNEJ Cup 2018

Umumnya, sang juara hanya ahli pada satu kategori. Tapi, siswa SD Al-Irsyad Jember berhasil menyabet juara di dua kategori yang kontras. Yakni, seni, kategori yang menonjolkan keluwesan, dan fight, kategori yang mengandalkan ketangkasan.

Peluh membasahi wajahnya. Mengenakan celana combor berlogo IPSI (Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia), Fathir Arya Mustofa memperagakan jurus-jurusnya. Pandangannya tajam ke depan, sementara kakinya kokoh memasang kuda-kuda.

”Yang ini jurus Harimau Tapak Suci,” ujar salah satu siswa pemenang lomba Tapak Suci yang ditemui di sela-sela latihan ekstra di sekolah, SD Al Irsyad Al Islamiyyah Jember, Jl. Karimata Gg. Barokah No. 53 Jember, kemarin (11/5).

Arah jarum jam menunjukkan pukul 14.00. Bocah 12 tahun itu kemudian melanjutkan latihannya. Gerakannya lentur, serta kembangannya pendek-pendek. Ya, jurus yang diperagakan itu untuk kategori seni yang menonjolkan kelenturan. Berbeda dengan jurus pada kategori kompetisi yang fight yang mengutamakan ketangkasan.

Salah satu dari 5 siswa itu yang berhasil menjuarai ajang lomba pencat silat UNEJ Cup 2018 kelas VI SD Al Irsyad Jember itu lantas menceritakan keberhasilannya merebut juara di kompetisi Pencak Silat UNEJ Cup 2018 di Universitas Jember pada 6-10 Mei 2018 lalu. Di kompetisi kabupaten tersebut, salah satu dari 5 siswa yang berhasil menjuarai UNEJ Cup 2018 dalam dua kategori. Yakni, kategori seni dan fight.

Kepiawaian mereka tergolong langka. Umumnya, para juara hanya menguasai satu kategori. Jika ahli di kategori fight, biasanya lemah di kategori seni. Begitu juga sebaliknya, bila jago di kategoi seni, biasanya lemah di kategori fight. Sebab, dua kategori itu menonjolkan sisi yang berbeda.

Motivasi terbesarnya mereka mempelajari silat adalah menjadi juara. Sebagai anak laki-laki, mereka ingin membuktikan kemampuannya kepada orang tua dan sekolah.

Please follow and like us:
error

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *